PAKET 4
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
BAHASA INGGRIS SMP/MTS
Read the text and answer question
1.
· Indikator : Menentukan makna caution.
·
Indikator Soal : Disajikan sebuah
teks notice , siswa dapat menentukan makna notice tersebut dengan tepat.
Soal:
1.
What
does the notice above mean?
A.
People
have to keep their properties.
B.
People
should stay away from the area.
C.
Only
certain people are allowed to enter the room.
D.
Not
all people have to keep out their private properties.
·
Kunci jawaban : C
·
Pembahasan :
Jawaban yang tepat adalah D, karena dari kata ‘private property’ yang berarti hanya orang tertentu, selanjutnya
frasa ‘keepout’ yang berarti menjauh,
maka arti notice tersebut yang tepat adalah C.
Read the text to answer questions
2 and 3.
·
Indikator : Menentukan rujukan kata.
·
Indikator
soal : Disajikan kutipan
kalimat dari greeting card dengan
salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan rujukan kata dari
kata ganti tersebut dengan tepat.
|
·
Soal :
2.
“We
can’t stop smiling”
The word ‘we’
refers to ….
A.
Henry
B.
Henry’s
father
C.
Henry’s
mother
D.
Henry’s
parents
·
Kunci
jawaban : D
·
Pembahasan : Kata
‘we’ dalam kalimat merujuk pada kata Henry’s parents.
·
Indikator : Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator
soal: Disajikan greeting card yang sama, siswa dapat menentukan informasi rinci
tersurat dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal :
3.
Henry’s
parents smile because of his ….
A. success
B. high grade
C. achievement
D.
exam
results
·
Kunci
Jawaban : D
·
Pembahasan :
Dari kata ‘congratulation about your fantastic exam result’ maka ucapan itu
ditujukan kepada Henry’s exam result.
Read
the text to answer questions 4 and 5.
·
Indikator : Menentukan informasi tersirat
·
Indikator
soal : Diberikan teks pesan singkat, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
informasi tersirat dengan tepat.
|
·
Soal :
4.
How do Santi and Sari plan to visit their
friends?
A. By bus
B. By ship
C. By
train
D. By plane
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan : Dari kalimat ‘the weather is not good to fly’, maka dapat disimpulkan mereka akan
pergi dengan naik pesawat.
·
Indikator : Menentukan gambaran umum
·
Indikator
soal : Diberikan teks pesan singkat yang sama, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang gambaran umum dengan tepat.
·
Soal :
5. The
short message is written to inform about ....
A. when to
go to Merapi
B. the
weather in Merapi
C. Santi
condition in Merapi
D. the
cancellation of the plan
·
Kunci
jawaban: D
·
Pembahasan :Teks pesan singkat tersebut
menginformasikan penundaan kepergian ke temannya, hal ini dapat dilihat pada
kalimat ‘our plan to visit our friends who suffer from Merapi
erruption is cancelled’.
Read the text to
answer questions 6 and 7.
·
Indikator : Menentukan informasi tertentu
·
Indikator
soal : Disajikan teks undangan, siswa
depat menentukan jawaban informasi tertentut dengan tepat.
|
·
Soal :
6.
Who
will celebrate the weeding anniversary?
A.
Windy.
B.
Mr.
and Mrs. Brown.
C.
Mr.
and Mrs. Hansen
D.
The
company of Mr. and Mrs. Brown.
·
Kunci
jawaban : C
·
Pembahasan : Dari undangan tersebut jelas yang
merayakan ulang tahun pernikahan adalah Mr. and Mrs. Gansen.
·
Indikator : Menentukan tujuan komunikasi.
·
Indikator
soal : Disajikan teks undangan yang
sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikasi
dengan tepat.
·
Soal :
7.
The
text is written in order to … .
A.
To
announce the weeding anniversary party
B.
To
inform the marriage of Mr. and Mrs. Hansen
C.
To
invite someone to the weeding anniversary party
D.
To
congratulate the marriage of Mr. and Mrs. Brown
·
Kunci
jawaban : C
·
Pembahasan
: Teks tersebut adalah teks undangan, maka
tujuan komunikatif dari teks tersebut adalah C.
Read the text to
answer questions 8 to 10.
·
Indikator : Menentukan gambaran umum
·
Indikator
soal : Diberikan sebuah teks pengumuman,
siswa dapat menentukan jawaban menentukan gambaran umum teks tersebut.
·
Soal :
8.
What is the announcement about?
A.
A Student Organization.
B.
An English Speech Contest.
C.
A National Day Celebration.
D.
A National Education Day Ceremony.
·
Kunci
jawaban : D
·
Pembahasan : Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat
dilihat pada kalimat pertama, jadi topic dari penguman tersebut tentang
National Education Day Ceremony
·
Indikator : Menentukan informasi tersirat
·
Indicator
soal : Diberikan teks announcement yang sama, siswa dapat
menentukan informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
·
Soal :
9.
Based
on the announcement above, we know that …
A.
the
programs will last for 4 hours.
B.
the
program will be held in the morning.
C.
there
are two competitions will be held.
D.
Mr.Andi
is in charge to organize the programs.
·
Kunci
jawaan : D
·
Pembahasan : Pada kalimat terakhir jelas bahwa
coordinator program adalah Mr. Andi.
·
Indikator : Menentukan informasi rinci tertentu.
·
Indicator
soal : Disajikan teks announcement yang sama, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan menentukan informasi tersirat.
·
Soal :
10. What programs
that students can do individually?
A. Debate.
B. Interesting
program.
C. English speech
contest.
D. Wall magazine
competition.
·
Kunci
jawaban : C
·
Pembahasan : Program yang dapat dilakukan secara
perorangan adalah C, yang lainnya secara berkelompok.
Read
the text to answer questions 11 to 13.
·
Indikator : Menentukan informasi tertentu
·
Indicator
soal : Disajikan sebuah surat, siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan informasi tertentu dari teks dengan tepat.
·
Soal :
11. Where is Pieter
writing the letter from?
A.
Edinburgh.
B.
Scotland.
C.
England.
D.
His
home.
·
Kunci
jawaban: A
·
Pembahasan : Jawaban pertanyaan tersebut dapat
diketahui dari penulisan tanggal dan tempat, menunjukkan kapan dan dimana ia
menulis surat.
·
Indikator : Menentukan informasi tersirat
·
Indicator
soal : Disajikan sebuah surat yang sama,
siswa dapat menentukan jawaban informasi tersirat dari teks tersebut dengan
tepat.
·
Soal :
12.
From
the text we can conclude that … .
A. Peter will call
his friend after getting a job
B. Peter hopes to
stay in Edinburgh for a few days
C. the result of
interview will be known on Friday
D. Peter’s purpose
to Edinburgh to see National Museum
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan : Jawaban pertanyaan tersebut merupakan
kesimpulan dari kalimat terakhir pada paragrf pertama.
·
Indicator : Menentukan makna kata
·
Indicator
soal : Disajikan kutipan kalimat dari
teks dengan salah satu kata/frasa digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna
kata tersebut dengan tepat.
·
Soal :
13. “… I was heading
for Scotland.” The underlined phrase has same meaning as … .
A.
living
in
B.
going
to
C.
staying
in
D.
moving
to
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan : Secara kontekstual makna yang tepat kata
tersebut adalah stayinh in.
Read
the text to answer questions 14 and 15.
·
Indikator : Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indicator
soal : Diberikan sebuah teks label, siswa
dapat menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut dengan tepat.
|
·
Soal :
14.
What
is the suitable suggestion before using it ?
A. Clean up.
B. Swallow it.
C. Shake well.
D. Take a bath.
·
Kunci
jawaban: C
·
Pembahasan : Instruksi pertama sebelum menggunakan
produk dapat dilihat pada kalimat pertama.
·
Indikator : Menentukan tujuan komunikatif
·
Indicator
soal : Disajikan teks label yang sama,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyann tujuan komunikasi teks dengan tepat.
·
Soal :
15. The text above is written in order to
…
A.
persuade
people to buy the product.
B.
give
detailed information of the product.
C.
explain
how to use the product.
D.
give
warming of the product.
·
Kunci
jawaban : B
·
Pembahasan : Tujuan komunikatif dari teks tersebut
memberi informasi secara detail, maka jawaban yang tepat adalah B.